Friday, 30 April 2010

// // Leave a Comment

Keanehan di Jalan Tol Jakarta - Serpong

Pagi hari ini, baru juga keluar dari Pintu Gerbang Perumahan Citra Raya Tangerang saya sudah mendengar laporan pendengar di Radio Elshinta bahwa Jalan Tol Jakarta Serppong macet mulai 250 meter setelah Pintu Gerbang Tol Pondok Ranji menuju ke arah Pondok Indah/Kampung Rambutan. Informasi lain menyatakan bahwa ada demonstrasi warga dengan mendirikan tenda di bahu jalan. Saya berpikir bahwa tenda itu didirikan di sisi jalan yang macet, yaitu sisi jalan menuju ke Pondok Indah/Kampung Rambutan.

Akan tetapi, betapa kecewanya saya. Gerbang Tol Pondok Ranji arah menuju Jakarta sudah antri panjang kira-kira 500 meter. Setelah bayar tol, kira-kira 150 meter di depan, ekor antrian kendaraan yang padat merayap sudah kelihatan. Saya mengambil lajur paling kanan untuk mengantisipasi adanya tenda di bahu jalan. Sayangnya, justru lajur paling kanan ini yang rayapan kendaraannya paling lambat. Lajur-lajur di sebelah kiri agak lebih lancar. Saya heran dengan situasi itu.

Setelah merayap sekitar sepuluh menit, sampailah saya ke tempat penyebab kemacetan tersebut. Yang membuat saya kecewa, tenda yang diinformasikan sebagai penyebab kemacetan itu didirikan di jalur sebelah alias di jalur menuju Serpong. Jalur menuju ke Pondok Indah/Kampung Rambutan tidak ada halangan apa pun. Jalan bersih tidak ada tenda. Tidak ada mobil PJR. Tidak ada warga yang berdemo.

Itulah keanehan di Jalan Tol Jakarta Serpong pagi ini. Keluarga Natigor Panjaitan mendirikan tenda di KM 3,8 di jalur menuju Serpong tetapi yang macet adalah di jalur sebelahnya yang tidak didirikan tenda. Jalan macet karena para pengemudi kendaraan melambatkan laju kendaraannya untuk menengok tenda keluarga Natigor Panjaitan. Tendanya sendiri kecil kira-kira ukurannya 2 x 3 m dan didirikan di bahu jalan. Kemungkinan besar penyebab pendirian tenda adalah urusan ganti rugi pembebasan tanah yang belum selesai.

Penyebab keluarga Natigor Panjaitan mendirikan tenda di Jalan Tol Jakarta Serpong Km 3,8 arah ke Serpong jelas. Penyebab macet di Jalan Tol Jakarta – Serpong di jalur menuju Pondok Indah/Kampung Rambutan yang tidak jelas.

Sayang saya tidak sempat mengambil gambar tenda itu sebagai bukti cerita saya ini.